MEMBANGUN KESEPAKATAN KELAS SEBAGAI BUDAYA POSITIF- ZAINAL ARIFIN CGP 4

Kelas XII TBSM 4

A. ;LATAR BELAKANG

Kesepakatan kelas menjadi dasar dari peraturan kelas yang dibuat dengan kesepakatan bersama antara guru mata pelajaran maupun guri kelas dengan siswa di kelas. Kesepakatan kelas dibuat berdasarkan kespekakatan kelas yang diyakini bersama dapat menanamkan nilai nilai positif pada murid. maka pelanggaran atas kesepakatan kelas akan tetap memberikan konsekuensi yang juga disepakati bersama, Kesepakatan kelas dapat menjadi batasan dan acuan selama proses pembelajaran , agar dapat menumbuhkan nilai positif pada siswa yang kemudian akan berkembang menjadi budaya positif bagi lingkungan sekolah

B. TUJUAN

Adapun tujuan dilaksanakan kesepakatan kelas ini adalah :

  • Menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid
  • Memunculkan keterlibatan murid dalam menentukan kelas yang diimpikan sehingga murid lebih bertanggung jawab akan keputusan yang mereka buat bersama-sama
  • Menumbuhkan komunikasi efektif antara murid dan guru

C. DESKRIPSI AKSI NYATA

            Kegiatan aksi nyata yang berisikan penerapan budaya positif melalui kesepakatan kelas memuat beberapa langkah dalam pelaksanaannya.Keterlibatan setiap individu dalam ruang kelas diyakini dapat mewujudkan budaya positif di Sekolah.

Adapun langkah-langkah yang guru lakukan dalam menyusun kesepakatan kelas adalah :

1. Guru mengajak murid memikirkan dengan hati-hati tentang keinginannya tentang kelas impian. 

2. Guru meminta murid menuliskan apa yang mereka pikirkan dan inginkan tentang kelasnya dalam belajar. 

3. Murid menuliskan tentang kelas impian mereka. 

4. Guru meminta murid menempelkan hasil pemikirannya di papan tulis. 

5. Setelah semua berpartisipasi, dengan bantuan salah seorang siswa, hal-hal yang telah ditulis tentang kelas impiannya dibaca satu per satu. 

6. Guru mengajak murid berdiskusi membahas impian-impian tentang kelasnya yang sudah mereka tulis untuk menemukan kesamaan yang mereka miliki. Lalu membuat daftar kesamaan yang telah didiskusikan.

 7. Guru memandu murid menyoroti hal-hal yang dianggap paling penting untuk disepakati bersama. 

8. Guru memastikan semua murid ambil bagian dalam kegiatan ini. 

9. Guru dan murid membaca hasil kesepakatan kelas yang telah disetujui, kemudian murid menandatangani kesepakatan tersebut sebagai tanda persetujuan. 

Dokumentasi Pelaksanaan aksi nyata


Kelas XII TBSM

menyampaikan hasil kesepakatan kelas ke guru BK
siswa mendiskusikan kesepakatan kelas
siswa membacakan hasil kesepakatan
kesepakan yang di hasilkan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model Refleksi 5M