1.2.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 4

 Setelah mengikuti Pendidikan Guru Penggerak pada minggu ke-4, saya merefleksikan hasil dari kegiatan ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai jurnal yang ditulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah dilakukan. Setelah saya mengikuti aktivitas pembelajaran di modul 1.2 Nilai dan peran guru penggerak. dalam Modul “Nilai-nilai dan peran guru penggerak”. pembelajaran  ini akan mengeksplorasi mengapa dan bagaimana nilai-nilai dan peran seorang Guru Penggerak mampu menumbuhkan sekolah yang berpihak pada murid. Dunia kini sudah semakin tanpa batas, teknologi telah berhasil menghilangkan jarak. Pertukaran budaya baik yang positif maupun negatif kini menjadi sukar terawasi dan tanpa filter. 

1. Facts (Peristiwa)
pengalaman menjadi CGP sungguh luar biasa, saya harus fokus mempelajari materi dan mengerakan semua tugas yang ada di LMS, hal ini menambah wawasan dan pengalaman saya, pengalaman yang begitu  banyak yang saya peroleh melalui bimbingan Bapak Faslitator dan hasil diskusi dengan rekan CGP untuk memahami nilai-nilai dan peran guru penggerak membuat saya semakin faham bagaimana menjadi guru yang baik.
2. Feelings (Perasaan)
saya bangga menjadi bagian dari CGP karena dengan mengikuti program ini saya semakin menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih berguna dan bermanfaat bagi orang lain, karena saya merasa tanggung jawab saya semakin banyak sehingga saya harus tetap fokus pada tjuan program ini (Guru Penggerak)
3. Findings (Pembelajaran)

1. Peran guru penggerak ada lima yakni: menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, mendorong kolaborasi antar guru, menjadi coach bagi guru lain, dan mewujudkan kepemimpinan murid. Guru penggerak berfokus pada peran kepemimpinan pembelajaran agar mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik; aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik; serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Dalam memerankan perannya tetap berpijak pada 5 (lima) nilai guru penggerak yakni berpihak pada murid, mandiri, kolaboratif, reflektif dan inovatif.

2. nilai dan peran guru penggerak merupakan pedoman untuk guru agar dapat mewujudkan pendidikan yang berkualitas, yang dalam hal ini adalah pendidikan yang mampu memembantu peserta didik mengembangkan potensi sesuai kodrat yang dimilikinya, sebagaimana dalam filosofi pendidikan oleh Ki Hadjar Dewantara. Dengan demikian, nilai dan peran guru penggerak memiliki katerkaitan yang cukup erat. Dimana, filosofi pendidikan KHD ditempatkan sebagai rool model pendidikan, sementara nilai dan peran guru penggerak di tempatkan sebagai jalan atau pedoman untuk dapat mencapai rool model pendidikan dimaksud.

3. Strategi yang saya lakukan untuk dapat mencapai pendidikan sebagaimana diajarkan oleh KHD dengan berpedoman pada nilai dan peran guru penggerak adalah dengan memaksimalkan potensi yang saya miliki, dan terus menggali dan mengasah kemampuan  dan potensi yang ada pada sekolah.

Diantara potensi yang saya miliki yaitu penguasaan saya terhadap IT. Sementara potensi yang dimiliki sekolah diantaranya yaitu sarana prasarana seperti LCD dan perlengkapan lain yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran yang menyenangkan. dan membuat sebuah karya yang di buat bersama sehingga bisa di pelajari kembali oleh siswa. 

4. pihak yang dapat membantu saya yaitu kepala sekolah, teman sejawat, dan keluarga. kepala sekolah memiliki peran penting karena sebagai pemangku jabatan tertinggi di sekolah yang mampu memberikan jalan terbaik bagi guru. teman sejawat memiliki peran sangat baik karena mampu berkolaborasi dan bekerja sama. keluarga tak kalah memiliki peran penting karena senangnya saya juga senangnya keluarga

4 Future (Penerapan)

setelah menyelesaikan Modul 1.2 ini banyak sekali manfaat yang saya dapat kan, kolaborasi antara rekan CGP, dan pemberian materi yang di sampaikan intruktur kita yang sangat luar biasa, cara penyampain yang mudah di pahami,. Terima kasih atas semangat, saya akan memaksimal dalam menyelesaikan semua tantangan yang diberikan. Semoga segala proses yang Anda jalani dalam Modul 1.2 ini dapat membawa manfaat bagi murid-murid saya

modul ini berhasil membuat saya tergerak hingga kemudian mengambil keputusan untuk bergerak hingga akhirnya memberanikan diri untuk menggerakkan lebih banyak pihak di lingkungan kerja demi meningkatkan kualitas layanan dan lingkungan belajar bagi murid-murid saya.

motivasi saya= semua yang saya kerjakan untuk memperbaiki pendidikan di masa yang akan datang, 

demikian refleksi mingguan saya, teruslah bergerak agar tidak tertinggal lebih jauh demi kemajuan murid di masa yang akan datang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model Refleksi 5M

MEMBANGUN KESEPAKATAN KELAS SEBAGAI BUDAYA POSITIF- ZAINAL ARIFIN CGP 4