1.3.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 5
Setelah mengikuti Pendidikan Guru Penggerak pada minggu ke-5, saya merefleksikan hasil dari kegiatan ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai jurnal yang ditulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah dilakukan. Setelah saya mengikuti aktivitas pembelajaran di modul 1.3 sebagai guru dapat mendesain lingkungan belajar yang memungkinkan tumbuhnya murid yang memiliki kemandirian dan motivasi intrinsik yang tinggi? Maka atas pertanyaan itulah, guru perlu terus berlatih meningkatkan kapasitas dirinya dalam memvisualisasikan harapan, menggandeng sesama dan mentransformasikannya menjadi harapan bersama. Dari sana, baru kemudian dilanjutkan dengan segala upaya gotong-royong yang diperlukan demi pencapaian harapan bersama tersebut. Harapan kita adalah visi kita. Visi kita sekarang adalah masa depan murid kita. Masa depan murid kita adalah masa depan bangsa kita, Indonesia.
Murid yang memiliki pengharapan tinggi dapat mengonseptualisasikan tujuan mereka dengan jelas, sedangkan murid yang memiliki pengharapan rendah lebih ragu-ragu dan tidak jelas akan tujuan mereka. Murid dengan pengharapan tinggi menentukan tujuan mereka berdasarkan kinerja mereka sebelumnya. Mereka memasang target belajar dan standar kinerja yang sedikit lebih tinggi dari apa yang dapat mereka capai, karena mereka dapat menyelaraskan diri dengan tujuan mereka sendiri dan mengendalikan bagaimana mereka akan mencapainya. Murid seperti itu termotivasi secara intrinsik dan berkinerja baik secara akademis (Snyder et.al., 2002, p.824). Murid yang bertumbuh.
Pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA) merupakan strategi perubahan kolaboratif yang berbasis kekuatan, dan juga di dukung oleh semua pihak yang berhubungan, tentunya juga tempat lingkungan yang aman, nyaman dan kondusif. IA merupakan solusi strategi perubahan yang tidak dimiliki oleh pendekatan lainnya. IA mengaktualisasi potensi masing masing individu dalam kelompok menjadi kekuatan yang luar biasa dalam melakukan perubahan. BAGJA merupakan langkah – langkah yang mengikuti pendekatan Inkuiri Apresiatif. BAGJA terdiri dari B = Buat pertanyaan, A= Ambil pelajaran, G = Gali mimpi, J = Jabarkan renncana dan A = Atur eksekusi.
KEKUATAN DARI DALAM
DIRI SENDIRI - CGP
Kekuatan percaya diri
Bentuk syukur akan nikmat Allah yang telah diberikan, manusia hamba yang terbaik
Kekuatan Berani
Berani untuk mencoba dan belajar, belajar sambil bekerja dan bekerja sambil belajar.
Kekuatan impian
Untuk memotivasi agar hidup lebih bermakna.
Kekuatan fokus
Agar ke arah mana tujuan itu mengarah agar permasalah bisa diselesaikan dan impian dapat kita wujudkan
Kekuatan berinovasi
Untuk mendapatkan hal baru untuk lebih baik dengan semakin banyak kelebihan dan meminimalkan kekurangan
Berpihak pada murid
Memandang siswa seperti anak sendiri
Kekuatan kolaboratif
Bisa bekerja sama dengan teman sejawat untuk mengembangkan dunia pendidikan
- DIRI SENDIRI (SISWA)
Mengetahui potensi diri
Dengan mengetahui potensi diri maka siswa dapat mengembangkan apa yang menjadi kelebihannya
Kreatif
Dapat memecahkan permasalahan yang ada dengan modal minimalis, hasil maksimal
Cita - Cita
Ada tujuan hidup yang dicapai
KEKUATAN DARI LUAR
STAKE HOLDER
KEPALA SEKOLAH
Kekuatan Visi dan Misi Sekolah
Kekuatan Mengedepankan kepentingan Sekolah
Kekuatan kebijakan ( RAPBS)
Kekuatan kebijakan RJM
Kekuatan kebijakan RJP
Kekuatan kebijakan Peraturan Akademik
Kebijakan Praktik Baik (literasi, Kebersihan, Ibadah)
KOMITE
Kekuatan Memiliki rasa kekeluargaan
Kekuatan Mampu berkolaborasi
Kekuatan Mendukung program sekolah
Kekuatan mediator
Kekuatan Pengontrol Transparansi
SARANA DAN PRASARANA
Masjid
Laboratorium
Perpustakaan
multimedia/komputer/internet
Bengkel
Ruang kelas
Kelistrikan / genset
KEKUATAN DARI LUAR
DINAS PENDIDIKAN
PENGAWAS SEKOLAH
Sebagai pembina sekolah
Program dinas pendidikan yang mendukung visi
KEMITRAAN DENGAN PIHAK LAIN
Dinas Kesehatan
Melaksanakan kebijakan kesehatan terutama dalam masa pandemi
Kepolisian
Pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat
Koramil
Sishankamrata (Pertahanan Negara dinamakan Sistem Pertahanan Semesta) menyelenggarakan Pembinaan Teritorial dan Perlawanan Rakyat
Perguruan tinggi
Mengembangkan sivitas akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif
DU/ DI/Perusahaan
KOMUNITAS GURU
Komunitas Guru Penggerak, MGMP, IGI
4 Future (Penerapan)
setelah menyelesaikan Modul 1.3 ini banyak sekali manfaat yang saya dapat kan, kolaborasi antara rekan CGP, dan pemberian materi yang di sampaikan intruktur kita yang sangat luar biasa, cara penyampain yang mudah di pahami,. Terima kasih atas semangat, saya akan memaksimal dalam menyelesaikan semua tantangan yang diberikan. Semoga segala proses yang Anda jalani dalam Modul 1.3 ini dapat membawa manfaat bagi murid-murid saya
modul ini berhasil membuat saya tergerak hingga kemudian mengambil keputusan untuk bergerak hingga akhirnya memberanikan diri untuk menggerakkan lebih banyak pihak di lingkungan kerja demi meningkatkan kualitas layanan dan lingkungan belajar bagi murid-murid saya.
motivasi saya= semua yang saya kerjakan untuk memperbaiki pendidikan di masa yang akan datang,
demikian refleksi mingguan saya, teruslah bergerak agar tidak tertinggal lebih jauh demi kemajuan murid di masa yang akan datang
Komentar
Posting Komentar