1.3.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 5

 Setelah mengikuti Pendidikan Guru Penggerak pada minggu ke-5, saya merefleksikan hasil dari kegiatan ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai jurnal yang ditulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah dilakukan. Setelah saya mengikuti aktivitas pembelajaran di modul 1.3 sebagai guru dapat mendesain lingkungan belajar yang memungkinkan tumbuhnya murid yang memiliki kemandirian dan motivasi intrinsik yang tinggi? Maka atas pertanyaan itulah, guru perlu terus berlatih meningkatkan kapasitas dirinya dalam memvisualisasikan harapan, menggandeng sesama dan mentransformasikannya menjadi harapan bersama. Dari sana, baru kemudian dilanjutkan dengan segala upaya gotong-royong yang diperlukan demi pencapaian harapan bersama tersebut. Harapan kita adalah visi kita. Visi kita sekarang adalah masa depan murid kita. Masa depan murid kita adalah masa depan bangsa kita, Indonesia.

Murid yang memiliki pengharapan tinggi dapat mengonseptualisasikan tujuan mereka dengan jelas, sedangkan murid yang memiliki pengharapan rendah lebih ragu-ragu dan tidak jelas akan tujuan mereka. Murid dengan pengharapan tinggi menentukan tujuan mereka berdasarkan kinerja mereka sebelumnya. Mereka memasang target belajar dan standar kinerja yang sedikit lebih tinggi dari apa yang dapat mereka capai, karena mereka dapat menyelaraskan diri dengan tujuan mereka sendiri dan mengendalikan bagaimana mereka akan mencapainya. Murid seperti itu termotivasi secara intrinsik dan berkinerja baik secara akademis (Snyder et.al., 2002, p.824). Murid yang bertumbuh.

1. Facts (Peristiwa)
pengalaman menjadi CGP sungguh luar biasa, saya harus fokus mempelajari materi dan mengerakan semua tugas yang ada di LMS, hal ini menambah wawasan dan pengalaman saya, pengalaman yang begitu  banyak yang saya peroleh melalui bimbingan Bapak Faslitator dan hasil diskusi dengan rekan CGP untuk memahami visi guru penggerak membuat saya semakin faham bagaimana menjadi guru yang baik.
2. Feelings (Perasaan)
saya bangga menjadi bagian dari CGP karena dengan mengikuti program ini saya semakin menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih berguna dan bermanfaat bagi orang lain, karena saya merasa tanggung jawab saya semakin banyak sehingga saya harus tetap fokus pada tjuan program ini (Guru Penggerak)
3. Findings (Pembelajaran)

Pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA) merupakan strategi perubahan kolaboratif yang berbasis kekuatan, dan juga di dukung oleh semua pihak yang berhubungan, tentunya juga tempat lingkungan yang aman, nyaman dan kondusif. IA merupakan solusi strategi perubahan yang tidak dimiliki oleh pendekatan lainnya. IA mengaktualisasi potensi masing masing individu dalam kelompok menjadi kekuatan yang luar biasa dalam melakukan perubahan. BAGJA merupakan langkah – langkah yang mengikuti pendekatan Inkuiri Apresiatif. BAGJA terdiri dari B = Buat pertanyaan, A= Ambil pelajaran, G = Gali mimpi, J = Jabarkan renncana dan A = Atur eksekusi. 

KEKUATAN DARI DALAM 

  1. DIRI SENDIRI - CGP

  • Kekuatan percaya diri

Bentuk syukur akan nikmat Allah yang telah diberikan, manusia hamba yang terbaik

  • Kekuatan Berani

Berani untuk mencoba dan belajar, belajar sambil bekerja dan bekerja sambil belajar. 

  • Kekuatan impian

Untuk memotivasi agar hidup lebih bermakna.

  • Kekuatan fokus

Agar ke arah mana tujuan itu mengarah agar permasalah bisa diselesaikan dan impian dapat kita wujudkan

  • Kekuatan berinovasi

Untuk mendapatkan hal baru untuk lebih baik dengan semakin banyak kelebihan dan meminimalkan kekurangan

  • Berpihak pada murid

Memandang siswa seperti anak sendiri

  • Kekuatan kolaboratif

Bisa bekerja sama dengan teman sejawat untuk mengembangkan dunia pendidikan


- DIRI SENDIRI (SISWA)

  • Mengetahui potensi diri

Dengan mengetahui potensi diri maka siswa dapat mengembangkan apa yang menjadi kelebihannya

  • Kreatif

Dapat memecahkan permasalahan yang ada dengan modal minimalis, hasil maksimal

  • Cita - Cita

Ada tujuan hidup yang dicapai

KEKUATAN DARI LUAR

  • STAKE HOLDER

  1. KEPALA SEKOLAH

Kekuatan Visi dan Misi Sekolah

Kekuatan Mengedepankan kepentingan Sekolah

Kekuatan kebijakan ( RAPBS)

Kekuatan kebijakan RJM

Kekuatan kebijakan RJP

Kekuatan kebijakan Peraturan Akademik

Kebijakan Praktik Baik (literasi, Kebersihan, Ibadah)

  • KOMITE

  • Kekuatan Memiliki rasa kekeluargaan

  • Kekuatan Mampu berkolaborasi

  • Kekuatan Mendukung program sekolah

  • Kekuatan mediator

  • Kekuatan Pengontrol Transparansi

  • SARANA DAN PRASARANA

  • Masjid 

  • Laboratorium 

  • Perpustakaan 

  • multimedia/komputer/internet

  • Bengkel 

  • Ruang kelas

  • Kelistrikan  / genset

  1. KEKUATAN DARI LUAR

  • DINAS PENDIDIKAN

PENGAWAS SEKOLAH 

Sebagai pembina sekolah

Program dinas pendidikan yang mendukung visi

  • KEMITRAAN DENGAN PIHAK LAIN

  • Dinas Kesehatan 

Melaksanakan kebijakan kesehatan terutama dalam masa pandemi 

  • Kepolisian 

Pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat

  • Koramil

Sishankamrata (Pertahanan Negara dinamakan Sistem Pertahanan Semesta) menyelenggarakan Pembinaan Teritorial dan Perlawanan Rakyat

  • Perguruan tinggi 

Mengembangkan sivitas akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif 

  • DU/ DI/Perusahaan

  • KOMUNITAS GURU

Komunitas Guru Penggerak, MGMP, IGI

4 Future (Penerapan)

setelah menyelesaikan Modul 1.3 ini banyak sekali manfaat yang saya dapat kan, kolaborasi antara rekan CGP, dan pemberian materi yang di sampaikan intruktur kita yang sangat luar biasa, cara penyampain yang mudah di pahami,. Terima kasih atas semangat, saya akan memaksimal dalam menyelesaikan semua tantangan yang diberikan. Semoga segala proses yang Anda jalani dalam Modul 1.3 ini dapat membawa manfaat bagi murid-murid saya

modul ini berhasil membuat saya tergerak hingga kemudian mengambil keputusan untuk bergerak hingga akhirnya memberanikan diri untuk menggerakkan lebih banyak pihak di lingkungan kerja demi meningkatkan kualitas layanan dan lingkungan belajar bagi murid-murid saya.

motivasi saya= semua yang saya kerjakan untuk memperbaiki pendidikan di masa yang akan datang, 

demikian refleksi mingguan saya, teruslah bergerak agar tidak tertinggal lebih jauh demi kemajuan murid di masa yang akan datang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model Refleksi 5M

MEMBANGUN KESEPAKATAN KELAS SEBAGAI BUDAYA POSITIF- ZAINAL ARIFIN CGP 4