2.1.a.4.1. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Modul 2.1
Pertanyaan untuk diskusi daring:
- Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?
- Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?
- Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?
- Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?
1. -Pada video pertama menjelasakan tentang pembelajaran berdiferensiasi, strategi pembelajaran berdiferensiasi ada 3 yaitu pembelajaran berdiferensiasi konten (apa yang kita ajarkan kepada murid-murid kita), berdiferensiasi proses (kegiatan berjenjang, pertanyaan pemandu atau tantangan, membuat agenda individual untuk murid, memvariasikan lama waktu, mengembangkan kegiatan bervariasi, menggunakan pengelompokan yang fleksibel), Berdiferensiasi produk merupakan hasil pekerjaan atau unjuk kerja yang ditunjukkan oleh murid untuk kita yang berwujud. Namun sebelum melakukan strategi pembelajaran berdiferensiasi, guru harus mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik berdasarkan kesiapan belajar, minat dan profil peserta didik.
-Pada video kedua tentang lingkungan belajar yang mendukung implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Aspek pemetaan kebutuhan murid berdasarkan kesiapan, minat, dan profil peserta didik sangat diperlukan untuk menentukan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Pengaruh lingkungan belajar sangat penting untuk mendukung pembelajaran berdiferensiasi, sehingga perlunya kita sebagai guru menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. Lingkungan belajar yang efektif yang dibangun melalui komunitas belajar (learning comunity), setiap orang di dalam kelas saling menghargai, murid merasa aman, ada keadilan dalam bentuk yang nyata, ada harapan bagi pertumbuhan, cara mengajar untuk mencapai kesuksesan, guru dan siswa berkolaborasi.
2. Pemetaan kebutuhan murid berdasarkan kesiapan, minat dan profil peserta didik harus dilaksanakan untuk menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Lingkungan belajar sangat berpengaruh penting dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi, sehingga perlu kita sebagai guru menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. Kita sebagai pendidik perlu menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.
3. Menurut pendapat saya mungkin yang akan sulit dilakukan adalah saat melaksanakan pemetaan kebutuhan belajar murid. Karena itu merupakan langkah awal sebelum melakukan pembelajaran berdiferensiasi. Sehingga butuh upaya yang lebih optimal supaya bisa memetakan kebutuhan belajar murid dengan tepat.
4. -Bagaimana contoh perencanaan RPP berdiferensiasi. untuk dapat di terapkan dalam strategi pembelajaran tersebut.?
-Apakah utnuk sekolah kejururan murid sebelum mendaftar sudah memilih jurusun, apakah jurusan tersebut sudah termasuk minat dan profil murid?
alternatif 2
1 Informasi atau fakta yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut adalah
VIDIO 1
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang mengakomodasi dari semua perbedaan murid, terbuka untuk semua dan memberikan kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan oleh setiap individu. Keberagaman dari setiap individu murid harus selalu diperhatikan, karena setiap peserta didik tumbuh di lingkungan dan budaya yang berbeda sesuai dengan kondisi geografis tempat tinggal mereka. Pembelajaran dilakukan dengan beragam cara untuk memahami informasi baru bagi semua murid dalam komunitas ruang kelasnya yang beraneka ragam, termasuk cara untuk: mendapatkan konten; mengolah, membangun, atau menalar gagasan; dan mengembangkan produk pembelajaran dan ukuran evaluasi sehingga semua murid di dalam suatu ruang kelas yang memiliki latar belakang kemampuan beragam bisa belajar dengan efektif. Selain itu juga memastikan setiap murid di kelasnya tahu bahwa akan selalu ada dukungan untuk mereka di sepanjang prosesnya. Strategi Pembelajaran berdiferensiasi ada 3 yaitu: diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk.
VIDIO 2
Pembelajaran berdiferensiasi harus dibangun dengan “learning community” atau komunitas belajar yaitu komunitas yang semua anggotanya adalah pembelajar. Guru akan mengembangkan murid-muridnya untuk mengembangkan sikap-sikap dan praktik-praktik yang selalu mendukung lingkungan belajar.
2· Gagasan baru yang saya dapatkan setelah menyimak video tayangan ke dua adalah :
a) Mempelajari lebih mendalam tentang Pembelajaran berdiferensiasi
b) Merancang membuat modul Ajar berdiferensiasi
c) Mengadakan pemetaan kepada siswa
d) Melaksanakan modul ajar atau RPP berdeferensi dalam pembelajaran di kelas
e) Melaksanakan penilaian berdeferensi di kelas
f) Melaksanakan refleksi
3. Menurut saya yang sulit diimplementasikan adalah melakukan penilaian berdeferensiasi dalam penilaian sumatif . Dalam penilaian ini melibatkan seluruh elemen sekolah dan juga guru serumpun dalam satu jenajang
4. Pertanyaan yang masih ada dalam pikiran saya adalah aksi nyata dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi apakah bisa diterima oleh teman sejawat yang belum memahami tentang pembelajaran berdeferensiasi
Komentar
Posting Komentar