REFLEKSI TERBIMBING PRESENTASI KERANGKA FILOSOFI “MERDEKA BELAJAR”
1. apa pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapat setelah mempelajari secara mendalam pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara? Pengetahuan dan pengalaman baru tentang pemikiran Ki Hajar Dewatara bahwa Pemikiran Ki Hadjar Dewantara mengenai pendidikan menjadi citra tersendiri bagi sejarah pendidikan di Indonesia. Konsep pendidikannya menampilkan kekhasan kultural Indonesia dan menekankan pentingnya pengolahan potensi-potensi peserta didik secara terintegratif. Konsep pendidikannya sangat kontekstual untuk kebutuhan generasi Indonesia pada masa dulu dan sekarang. Konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara begitu berharga pada masa dulu, tetapi masa sekarang terasa nyaris di lupakan, hal ini terkait dengan upaya lembaga pendidikan yang terlalu terfokus hanya pada materi pelajaran saja dan terfokus mengejar standar kompetensi dan bukan untuk membentuk manusia yang berkepribadian dan peka terhadap dunia di luar sekolah.
2. apa kekuatan saya dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini? dan apa hal-hal yang perlu saya ubah dari diri saya? Kekuatan saya sebagai seorang pendidik adalah mengembangkan potensi-potensi peserta didik, menawarkan pengetahuan kepada peserta didik dalam suatu diskusi. Untuk mengungkapkan gagasan-gagasan peserta didik tentang suatu topik tertentu sehingga yang terjadi adalah pengetahuan tidak ditanamkan secara paksa tetapi ditemukan, diolah dan dipilih oleh murid.
3.hal-hal yang perlu saya ubah dari diri: 1. Tujuan pembelajaran tidak terfokus pada materi dikelas tetapi mampu mengajak peserta didik lebih mengembangkan potensi yang dimilikinya dan menerapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Misalnya dalam pembelajaran IPA pertumbuhan dan perkembangan menanam biji kecambah dengan media kapas dan air,disini siswa diajak berfikir kreatif bagaimana kalau mereka menanam biji dalam jumlah besar dengan media yang berbeda dan mampu mepraktekannya di masyarakat. 2. Mampu menjadi teladan, fasilitator dan motivator bagi peserta didik dengan baik (Menerapkan trilogi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara) 3. Lebih menekankan pendidikan budi pekerti/ karakter dalam pembelajaran. Dengan menekankan kompetensi sikap yang baik dengan sendirinya membawa dampak yang baik untk kompetensi pengetahuan dan keterampilan 4. Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dengan memanfaatkan prinsip kebudayaan, misalnya menggunakan Bahasa sendiri “sunda” setiap hari sabtu 3. apa perubahan konkret yang akan saya lakukan setelah memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara? Perubahan konkret yang akan saya lakukan setelah memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara adalah Bahwa Pendidik sebagai teladan harus mampu menunjukkan bahwa seorang pendidik adalah model yang ideal untuk ditiru oleh peserta didiknya dalam
4.hal perkataan dan perbuatan sehari-hari, serta memancarkan wibawa kejujuran, kesahajaan, kecerdasan, yang selalu membangkitkan semangat dan kesadaran para muridnya untuk melakukan hal yang senada.
Komentar
Posting Komentar